Cara Paling Baik Menabung di Usia 20-an

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape

Menabung itu sebenarnya tidak susah bagi kita di era sekarang ini, uang yang kita keluarkan untuk berbagai macam kegiatan konsumtif membeli barang barang yang tidak perlu dapat kita sisihkan setiap hari untuk keperluan lain yang lebih penting namun di era digital saat ini menabung menjadi sulit setiap hari kita disuguhi oleh berbagai macam iklan iklan produk dari yang paling murah hingga sudah murah lalu didiskon lebih murah lagi. jika seperti ini kejadiannya maka zaman ini semakin sulit untuk menabung bagi kita generasi 20 tahunan yang tidak keuat melihat barang barang flash sale di marketplace e commerce.

Uang seperti lari larian bagi kita yang sering boros bagi generasi muda, sedikit sedikit kita gesek kartu debit dan kredit karena godaan yang sangat besar kita menjadi lebih mudah menghabiskan uang sehingga kita tidak bisa menghemat untuk keperluan yang lebih penting misalnya dana pendidikan, membeli rumah, modal nikah.

Tak jarang generasi kita disebut generasi bokek yang tak memiliki uang sebuah penelitian yang dilakukan di tahun lalu bahwa anak anak muda indonesia adalah usia produktif terbanyak seasia tenggara tentu ini merupakan sebuah kebanggan bagi bangsa kita diantara bangsa bangsa lain. namun disisi lain jika hal ini tidak dicermati oleh pemerintah maka hal ini bisa menjadi bomerang bagi generasi muda dengan banyaknya angakatan kerja namun sangat terbatasnya pekerjaaan, inilah yang membuat generasi muda tidak bisa menabung karena mereka belum bekerja dan tidak punya pemasukan untuk menabung

Lalu apa solusinya bagi kita sebagai generasi muda yang ingin menabung untuk kebutuhan kita di masa depan?

  1. Jangan pernah melupakan bahwa kita sudah diusia 20 tahun ! kadang kita suka boros karena kita masih menerima kiriman dan transfer dari orang tua kita setiap bulannya hal ini membuat kita lupa bahwa orang tua kita tidak akan selamanya memberikan kita uang kita harus mengingat bahwa usia kita sudah 20 tahun kita harus bisa mengatur uang yang kita punya tak perduli seberapa besar keinginan kita untuk membeli suatu barang untuk kebutuhan konsumtif yang fana belaka.
  2. Sadari bahwa kita memiliki tanggung jawab di masa depan pada saat anda memasuki usia 20 tahun ini merupakan fase penentu masa depan anda apakh anda akan menjadi orang yang sukses atau tidak dan untuk yang sudah berusia diatas 27 tahun saat ini anda harus mengevaluasi diri saat ini juga mungkin anda sudah menikah hal itu justru harus menjadikan diri anda super hemat untuk menyisihkan uang anda ditabung untuk keluarga anda bahkan memenuhi kebutuhan rumah tangga anda karena sudah memiliki tanggung jawab.
  3. Ambil tindakan sisihkan setiap penghasilan anda sekurang kurangnya 30% untuk ditabung dari gaji anda penghasilan anda.
  4. Kumpulkan dan tabunglah uang receh dari kembalian, parkir dan lain lain maka jika anda kumpulkan dan anda lihat dalam 1 bulan hasilnya bisa sangat besar, tidak percaya ? coba buktikan.
  5. Punya sistem, anda harus membangun sistem menabung anda sendiri karena yang paling tahu kondisi keuangan anda adalah anda bukan orang tua anda bukan istri atau suami anda tapi anda sendiri ciptakan lah sistem keuangan. anda bisa menghubungi saya jika anda membutuhkan financial planner untuk mengatur keuangan anda

Intinya kita harus punya sebuah tekad untuk menabung dan tidak mengahambur hamburkan uang ke hal hal yang sebenarnya tidak perlu. Anda harus memulai sekarang juga yaa karena tidak ada waktu lain selain hari ini 🙂

 

Sumber : Kompasiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai Konsultasi
1
Butuh bantuan ?
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by